Sumber Keuntungan (Uang) Dari Investasi

Sunday, October 5th, 2014 - Investasi

Cara Untung Bisnis InvestasiCara Menghasilkan Uang Dari Investasi – Masih ingatkah kita dengan pepatah yang  mengatakan “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”,  mulailah berinvestasi dari sekarang, walaupun dengan jumlah kecil, memungkinkan kita memperoleh hasil cukup baik dari segi finansial.

Dalam berinvestasi jangka panjang , kurun waktu 10 samapi 15 tahun, memungkinkan anda bertemu dengan masa yang sulit, yang dimana anda harus bertahan dan menunggu sampai kondisi investasi kembali pulih. Sebagai nasabah atau investor dalam berinvestasi jangkap anjang , memudahkan anda untuk menjual aset anda untuk mendapatkan Capital Gain (yang berarti anda akan mendapatkan keuntungan darinya).

Akan tetapi jika jangka waktu anda hanya 5 sampai 10 tahun lagi, lebih baik anda berinvestasi pada investasi yang beresiko rendah atau menengah.

Investasi yang anda tanamkan menghasilkan uang dengan tiga cara:

1. Bunga

Beberapa instrumen investasi (terutama yang berjangka waktu pendek, dan cenderung beresiko rendah seperti Deposito dan Surat Hutang) bekerja seperti pinjaman. Anda sebagai pemberi pinjaman dan menerima bunga atas pinjaman tersebut. Resiko dari investasi jenis ini cukup rendah dibanding jenis investasi yang lain.

Perlu diingat bahwa ada dua jenis bunga investasi: bunga sederhana dan bunga berbunga. Bunga sederhana adalah bunga yang dihasilkan dari uang yang anda investasikan. Sedangkan bunga berbunga adalah uang yang dihasilkan dari investasi awal, dan uang yang dihasilkan dari bunganya. Bunga berbunga bisa mempercepat dan memperbanyak investasi anda.

2. Dividend

Beberapa jenis investasi membayarkan dividend kepada investor secara rutin. Anda juga bisa mendapatkan dividend dari reksadana yang anda miliki – anda mendapatkan tambahan uang jika perusahaan dalam portofolio reksadana membayarkan dividend. Dividend biasanya dibayarkan setahun sekali atau sekali setiap tiga bulan.

3. Capital Gain

Istilah “Capital Gain” terjadi ketika anda membeli aset pada suatu harga dan nilai aset tersebut naik seiring dengan berjalannya waktu ketika anda menjual aset tersebut. “Capital gain” biasanya diasosiasikan dengan investasi dengan resiko tinggi dengan tingkat pengembalian tinggi seperti Saham.

Sumber Keuntungan (Uang) Dari Investasi | Berita Komunitas | 4.5