Strategi Pertemuan Bisnis yang Efektif

Wednesday, October 1st, 2014 - Tips Bisnis

Cara Pertemuan BisnisPersiapkanlah makanan sederhana, dengan mengingat bahwa anda menghendaki segala sesuatunya dapat diulang. Kalau anda mulai menyediakan minuman keras dalam pertemuan-pertemuan anda, pikirkan prospek-prospek anda akan terganggu, dan boleh jadi, tidak berminat, karena merasa bahwa mereka terpaksa akan mengeluarkan biaya serupa kalau mereka akan terjun dalam bisnis itu. Pertimbangkanlan untuk memberikan suatu peringatan yang halus agar orang tidak merokok, kalau anda mempunyai peserta yang tidak merokok dalam pertemuan anda itu.

Semakin bersih suasanannya semakin jelas pengertian mereka terhadap bisnis tersebut. Kalau pertemuan itu merupakan pertemuan bisnis, maka pastikanlah bahwa pertemuan itu merupakan sebagai pertemuan bisnis. Bersikaplah efisien dan tepat waktu, dan tampilah sebagai usahawan yang sukses. Orang terkesan karena busana yang rapih, apapun yang akan mereka katakan.

Apa yang akan anda pikirkan seandainya anda pergi ke rumah sakit dan diperiksa oleh orang yang menggunakan celaja jin yang sudah lusuh dan kaos kutang? Anda membutuhkan pula semacam papan tulis atau papan peraga untuk melukiskan diagram cara kerja bisnis tersebut. Seandainya anda sendir yang akan menyampaikan penyajian tersebut, ada sejumlah hal pokok umum yang perlu diingat. Anda bersemangat (atau kalau tidak anda tidak akan mengadakan pertemuan tersebut) oleh karena itu tampil dan bertindaklah seolah-olah anda bersemangat. Kalau anda tidak bersemangat, bagaimana anda dapat mengharapkan orang lain akan bersemangat?

Jadilah diri anda sendiri, dan berbicaralah tentang anda sendiri (sewajarnya). Orang yang anda undang semuanya mengenal anda, ingin mengetahui bagaimana anda terjun dalam bisnis tersebut, utnuk mengetahui apakah alasa-alasan yang sama berlaku bagi mereka. Jangan khuwatir menggunakan catatan-catatan, jika dapat mengunakan segala sesuatunya mudah dilaksanakan. Oleh karena itu dapat diperbanyak. Tidak ada keharusan untuk muncul sebagai penyajian yang fasih, sesungguhnya, semakin tampak amatir penyajian anda, semakin besar calon-calon distributor anda berfikir bahwa mereka dapat melakukan bisnis tersebut bahkan lebih baik daripada anda.

Setelah mengucapkan selamat datang dan kata-kata pendahuluan, berilah gambaran singkat mengenai konsep bisnis anda dan keungulan-keunggulannya serta peluang-peluangnya sebelum menjelaskan perusahaannya, pemasok-pemasoknya, dan prinsip-prinsipnya. Berbicaralah mengenai produk-produknya serta pasar bagi produk tersebut, dan cara menjualnya. Kemudian bahaslah secara mendetail rencana pemasaran perusahaan tersebut, dengan penekanan kemungkinan pada pertumbuhan jaringan serta penghasilan mereka, kalu ada sesuatu dalam pertemuan itu yang dapat menggairahkan orang, disinilah letaknya.

Strategi Pertemuan Bisnis yang Efektif | Berita Komunitas | 4.5