Mengatasi Penipuan di Bisnis Online

Tuesday, September 30th, 2014 - Bisnis Online

Mencegah Penipuan Bisnis OnlineSaat ini banyak sekali penawaran bisnis online di internet. Semuanya menjanjikan hasil uang yang melimpah dan kemudahan bagi membernya. Namun kita harus ekstra hati-hati untuk memilih bisnis online yang kita minati. Tidak ada salahnya kalau kita pelajari dan kita teliti terlebih dahulu agar tidak terjerumus ke dalam bisnis penipuan.

Dengan cara menggunakan search engines seperti Yahoo, Google, atau yang lainnya, untuk mencari informasi mengenai bisnis online yang kita minati apakah dapat dipercaya ataukah penipuan/SCAM.

 Dari banyaknya kasus yang terjadi, seperti penipuan yang dimana konsumen mentrasfer uang terlebih dahulu, lalu dibawa kabur. Sebenarnya kita bisa mendapatkan sebuah perlindungan konsumen. Jika dilihat dari segi hukum Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, pasal 4 UU perlindungan konsumen mengemukakan mengenai beberapa hak konsumen yang ada kaitanya dengan permasalahan diatas:
  1. Hak atas keyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa
  2. Hak atas informasi yang benar, jalas dan jujur mengnai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa
  3. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan
  4. Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut
  5. Hak untuk diperlakukan dan dilayani secara benar dan jujur secara tidak diskriminatif
  6. Hak untuk mendapatkan konpensasi, ganti rugi dan/atau pengantian, apabila barang dan jasa tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Dari hal tersebut, kita dapat menjadi lebih kuat dari ranah hukum untuk mendapatkan sebuah perlindungan dimana suatu saat nanti diamana kita menjadi seorang pelaku bisnis yang berkecimpung diranah bisnis online ataupun bukan dalam ranah online, bisnis invetasi atau apa pun yang bersifat bisnis. Terkadang, kita tidak dalam melakukan bisnis online, tidak memperhatikan hal-hal kecil seperti hak yang bisa didapat oleh seorang konsumen yang ikut terlibat dalam sebuah bisnis, jika kita memperhatikan hal-hal tersebut di atas, konsumen akan memberikan sebuah kepercayaan kepada perusahaan.

Jika kita sudah memahami hal di atas, kita memiliki dasar perlindungan yang kuat dalam membangun sebuah bisnis investasi atau pun jenis bisnis online lainnya. Banyak orang yang kurang paham akan hak perlindungan konsumen sehingga para pelaku bisnis hanya bisa mengiklaskan kasus-kasus yang terjadi pada mereka, tidak menindaklanjuti persoalan yang membuatnya menjadi tertipu dalam bisnisnya, maka dari itu bagi anda yang mencoba untuk melakukan bisnis online sebaiknya berhati-hati dalam memilih perusahaan dalam bidang bisnis online yang ada.

Mengatasi Penipuan di Bisnis Online | Berita Komunitas | 4.5