Cara Menjaga Pelanggan (Konsumen) Setia

Friday, October 3rd, 2014 - Tips Bisnis

Cara Menjaga Konsume Apa yang lebih baik dari kegiatan bisnis anda daripada memiliki pelanggan setia yang terus menerus membeli berulang kali produk anda. Mereka adalah dasar dari setiap bisnis/usaha yang mantap. Mereka mengurangi keharusan untuk terus menerus mencari pelanggan-pelanggan baru, mereka merupakan bentuk iklan terbaik yang dapat anda miliki. Tentu saja, anda tidak boleh berhenti mencari pelanggan-pelanggan baru, tetapi anda pula harus memastikan bahwa anda tidak pernah melupakan  pelanggan-pelanggan yang ada.

Cantumkan label nama serta nomer telepon anda pada setiap produk, lihatlah betapa mudahnya menjual, manakala para pelanggan anda menelpon anda untuk meminta produk-produk bagi mereka. Keindahan bisnis adalah, anda memberikan pelayanan pribadi kepada pelanggan, satu pelayanan yang yang tidak dapat mereka peroleh dari toko, tidak ada yang ingin mondar-mandir mengitari toko untuk melakukan pembelian secara teratur kalau mereka dapat mengangkat telepon dan meminta barangnya diantarkan.

Diperlukan waktu untuk melatih para pelanggan untuk menghargai pelayanan anda sampai pada tinggkat ini, tetapi usaha itu layak dilakukan. Memelihara para pelanggan anda berarti memberi jenis layanan tertentu, kesenangan, keandalan, serta ketersedian yang membuat mereka suka menerima kunjungan-kunjungan dan panggilan-panggilan telpon anda, itu tidak selalu berbicara mengenai diri anda sendiri, tetapi membiarkan mereka berbicara mengenai diri mereka sendiri. Itu berarti selalu mempunyai cadangan dari apa saja yang lazim dipesan oleh pelanggan, agar anda dapat menyerahkan segera mungkin saat mereka menghendakinya. Itu berarti mendatangi rumahnya kalu anda mengatakan akan datang, tersenyum dan tampil dengan rapih. Itu berarti menukar barang-barang dan mengembalikan uangnya tanpa pertanyaan. Itu berarti mengingat hari ulang tahun mereka, mengirim kartu selamat natal atau lebaran kepada mereka, dan menghafal nama-nama keluarga mereka. Itu berarti sekali-sekali memberi mereka contoh geratis satu barang, sebagai tanda terimakasih. Itu berarti mendengarkan mereka lebih banyak daripada anda berbicara kepada mereka, menemukan kebutuhan-kebutuhan mereka dan menyediakan suatu produk yang akan memuaskan kebutuhan-kebutuhan itu. Dan itu berarti mengtakan ‘terimakasih” dan sungguh-sungguh mengucapkannya, dengan tulus saat anda pulang.

Kalau anda memperhatikan para pelanggan anda, anda akan tetap memilikinya untuk waktu yang lama. Anda dapat memperkenalkan kepada mereka seluruh rangkaian produk anda pada waktunya, tanpa tekanan apa pun. Dalam memperkenalkan produk anda, anda harus dapat meyakini pelanggan anda agar mereka dapat dan mau membeli produk yang anda tawarkan. Untuk meyakinkan pelanggan, membutuhkan keahlian dan kerja keras yang cukup ekstra, selain mengasah keahlian anda sendiri ini juga sangat membantu untuk perkembangan bisnis anda.

Cara Menjaga Pelanggan (Konsumen) Setia | Berita Komunitas | 4.5